Peningkatan Peran Serta Masyarakat dalam Pengendalian Pemanfaatan Ruang Provinsi Jawa Tengah


Jawa Tengah –  Dalam rangka kegiatan Pengendalian Pemanfaatan Ruang khususnya di Jawa Tengah Tahun 2016, Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Provinsi Jawa Tengah mengadakan acara sosialisasi dalam rangka peningkatan peran serta masyarakat di Provinsi Jawa Tengah. Tujuan dilaksanakannya acara tersebut adalah untuk meningkatkan peran serta masyarakat di Provinsi Jawa Tengah terutama dalam kegiatan pemanfaatan dan pengendalian pemanfaatan ruang sebagai salah satu upaya dalam menjaga konsistensi rencana tata ruang yang telah disusun.

Acara sosialisasi yang rutin dilaksanakan tiap tahun ini, pada

Sosialisasi Peran Serta Masyarakat di Kabupaten Kudus
Sosialisasi Peran Serta Masyarakat di Kabupaten Kudus

tahun anggaran 2016 dilakukan di 4 Kabupaten/ Kota yaitu di Kota Surakarta pada tanggal 10 Februari 2016, Kabupaten Kudus pada tanggal 11 Februari 2016, Kabupaten Temanggung tanggal 17 Februari 2016 dan Kota Tegal pada tanggal 22 Maret 2016.
Dalam kegiatan sosialisasi ini, materi yang disampaikan oleh narasumber dari praktisi akademisi Pusat Studi Plannologi Universitas Islam Sultan Agung Semarang yaitu DR. Jamilla Kautsary, ST, MT, serta narasumber dari SKPD yang menangani tata ruang pada masing-masing Kabupaten/ Kota.

Narasumber Dr. Jamilla Kautsary, ST, MT
Narasumber Dr. Jamilla Kautsary, ST, MT

Adapun materi yang disampaikan oleh DR. Jamilla Kautsary, ST, MT. Diantaranya terkait dengan pentingnya peran serta masyarakat terutama dalam pengendalian pemanfaatan ruang. Beliau berpendapat bahwa peran serta masyarakat khususnya dalam pengendalian pemanfaatan ruang sangatlah penting karena masyarakat yang  dominan memiliki ruang/ lahan, masyarakat yang langsung berinteraksi dan menggunakan dan mengatur  ruang yang dimiliki, selain itu masyarakat pula yang tahu lebih dahulu adanya berubahan/ pergeseran ruang.

Rekomendasi yang disampaikan adalah adanya sosialisasi sebagai kunci, yaitu hak untuk berperan dalam pengaturan, pembinaan, pelaksanaan, pengawasan penataan ruang, mengetahui secara terbuka setiap produk rencana tata ruang serta mengajukan keberatan dan keluhan. Adanya tata cara peran masyarakat mulai dari keterlibatan yang paling pasif sampai keterlibatan aktif. Adanya wadah yang mudah dipahami dan diakses serta adanya respon pemerintah.

Sedangkan untuk narasumber dari SKPD yang menangani tata

Peserta Sosialisasi
Peserta Sosialisasi

ruang pada masing-masing Kabupaten/ Kota menyampaikan terkait dengan Rencana Tata Ruang Daerah masing-masing serta pelaksanaan pengendalian pemanfaatan ruang yang dapat dilakukan oleh masyarakat pada masing-masing Kabupaten/ Kota.

Rangkaian kegiatan sosialisasi tersebut juga diisi dengan sesi tanya jawab dan diskusi antara peserta dan narasumber yang hadir. Antusisme masyarakat yang menjadi peserta dalam acara sosialisasi

sumber: http://cipkataru.jatengprov.go.id/2016/03/30/peningkatan-peran-serta-masyarakat-dalam-pengendalian-pemanfaatan-ruang-provinsi-jawa-tengah.html

Advertisements

About Jamilla Kautsary

Aku ada karena kamu
This entry was posted in Nongkrong. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s