Pecinan Bisa Diandalkan


Pecinan Bisa Diandalkan

pecinan-2

SEMARANG – Dibandingkan dengan Kota Lama, kawasan Pecinan, bisa dijadikan andalan untuk memikat wisatawan, baik domestik maupun mancanegara, terutama dari kawasan Asia Timur seperti Hongkong dan Taiwan.

Jamillah Kautsary ST MT, staf pengajar di FT Unissula mengatakan, daya tarik dari kawasan Pecinan tersebut adalah banyaknya kelenteng yang tersebar di berbagai lokasi. Menurutnya, delapan tempat ibadah bagi umat Tri Dharma itu berada di sana, antara lain Kelenteng Tay Kak Sie yang umurnya sudah ratusan tahun. “Menurut saya lebih menjual kawasan Pecinan daripada Kota Lama. Hal itu karena Kota Lama sudah mempunyai citra buruk sebagai tempat mangkalnya pekerja seks sosial,” katanya, Senin (15/1).

Dia menambahkan, selain kelenteng, masih ada wisata kuliner yang bisa dijadikan andalan. “Meski labelnya restoran China, tapi masih ada makanan jawa seperti gudeg, nasi rames, dan lontong opor. Hal itu bisa juga ditonjolkan,” ujar dia.

Pengampu mata kuliah Evaluasi Kebijakan untuk Perencanaan Kota itu lebih lanjut mengatakan, selain Pecinan, Kelenteng Sam Poo Kong di Gedung Batu juga merupakan salah satu objek wisata yang menarik bagi pengunjung dari Asia Timur. “Saat peringatan 600 tahun pendaratan Laksamana Cheng Ho, pengunjung yang datang tidak hanya wisatawan domestik, tapi banyak juga dari kawasan Asia Timur seperti China, Hongkong, dan Taiwan,” ungkapnya. (ric-62)

Sumber :http://www.suaramerdeka.com/harian/0701/16/kot05.htm

About Jamilla Kautsary

Aku ada karena kamu
This entry was posted in Nongkrong. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s