Diusulkan Keringanan Pajak


Diusulkan Keringanan Pajak

objek-pajak-penghasilan

  • Insentif bagi Pemilik Bangunan Kuno

SEMARANG- Pemkot mestinya memberi keringanan pajak sebagai insentif terhadap para pemilik bangunan kuno. Upaya itu dilakukan untuk menyelamatkan warisan budaya di Kota Semarang.

”Pencegahan kerusakan itu sudah diatur dalam Perda Pengendalian Lingkungan Hidup No 13 Tahun 2006, salah satunya termasuk pemberian insentif pada pemilik. Pemkot mestinya bisa mengusahakan, tidak perlu menentukan alokasi dana khusus di APBD,” kata Agung Budi Margono, anggota Komisi C DPRD Kota, kemarin.

Dalam Pasal 70 Perda itu disebutkan, Pemkot dapat memberikan insentif atau disinsetif pada pihak yang berhasil mencegah kerusakan lingkungan, termasuk cagar budaya.

Menurut dia, pemberian insetif bisa menjadi salah satu cara efektif menyelamatkan bangunan kuno, apalagi Kawasan Kota Lama sebentar lagi akan dikembangkan sebagai city walk.

Sebagaimana diberitakan (SM, 14/2), pemeliharaan kawasan Kota Lama belum pernah tersentuh anggaran khusus. Kalau pun ada, dana di APBD sifatnya hanya biaya perbaikan jalan yang dananya satu paket dalam alokasi rutin Dinas Pekerjaan Umum (DPU).

Selama ini pemeliharaan praktis hanya mengandalkan kucuran APBN. ”Keinginan Pemkot agar ada badan pengelola Kota Lama itu bagus. Harus ada kegiatan yang bisa menghidupkan kawasan itu secara ekonomi.”

Pemberian insentif harus menjadi program yang jelas. Karena itu, sebaiknya Pemkot segera melakukan pendataan yang lengkap mengenai bangunan kuno di Kota Semarang.

Dosen Fakultas Teknik Unissula, Jamillah Kautsary ST MT mengatakan, Pemkot dalam menyalurkan insentif tentu melihat kondisi bangunan. Selain itu apakah bangunan tersebut memberi kenyamanan bagi masyarakat. (H12,ric-18)

Sumber :http://www.suaramerdeka.com/harian/0702/19/kot01.htm

About Jamilla Kautsary

Aku ada karena kamu
This entry was posted in Pecinan. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s