PWK( Perencanaan Wilayah Kota)


 

Apa Itu PWK?

Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota atau Teknik Planologi adalah ilmu yang mempelajari perencanaan suatu kota atau wilayah. Dalam bahasa yang lebih sederhana, Teknik PWK adalah ilmu tata kota.

Planologi merupakan kata yang berasal dari bahasa asing yaitu logos artinya ilmu, plano arprogram-studi-unissula-semarangtinya rencana. Dalam pengertian luas tentang kota bahwa planologi berarti ilmu yang mempelajari tentang penataan koata yang sebelumnya telah direncanakan dengan pengetahuan. Planologi merupakan jurusan dalam perguruan tinggi di Indonesia. Lulusan planologi biasa disebut planner. Dalam aspek luas planologi mempelajari multidisiplin ilmu karena mempelajari ilmu sosial maupun eksak. Dengan adanya multidisiplin ilmu ini maka lulusan planologi diharapkan mampu memilki softkills maupun hardskills. Planologi di indonesia yang sangat terkenal salah satunya berada di Universitas Diponegoro yang merupakan jurusan planologi ke-2 setelah ITB dalam artian pendiriannya yang didirikan pada tahun 1992 . Planologi yang lebih khusus disebut perencanaan wilayah dan kota yang berada di Undip telah menerima Akreditasi A pada tahun 2008 oleh Badan Akademik nasional.

Apa yang dipelajari??

Jika anda akan memilih jurusan ini, jurusan ini mempelajari  mengenai keteknikan atau hitung-hitungan, namun juga mengenai sosial-budaya, sosial-ekonomi, kependudukan, teori-teori perencanaan kota dan wilayah, pemetaan, ilmu geografi dan geologi, statistika, software-software pendukung perencanaan (Sistem Informasi Geografis), teori-teori sosial, teori-teori hukum dan politik, kajian lingkungan, sistem transportasi, perumahan dan permukiman, serta ilmu komunikasi.

Bagaiman prospek kerja??

Bagi anda yang Lulusan Teknik PWK bisa bekerja di konsultan-konsultan perencanaan atau di instansi-instansi pemerintah seperti Kementerian Pekerjaan Umum, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional/Daerah (Bappenas/Bappeda), Bakosurtanal (Badan Koordinator Survey Nasional), Dinas Permukiman dan Prasarana Wilayah, Dinas Tata Kota atau menjadi penentu kebijakan/pemimpin daerah (walikota/bupati/gubernur/dsb.). Selain itu juga bisa bekerja menjadi dosen, pemerhati/pengamat kota, pengembang perumahan dan lain-lain.

 

 

About Jamilla Kautsary

Aku ada karena kamu
This entry was posted in Nongkrong. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s