PENGEMBANGAN JALUR PEJALAN KAKI YANG RAMAH (MANUSIAWI): STUDI KASUS KAWASAN PECINAN SEMARANG


Pengembangan jalur pejalan kaki yang ramah (manusiawi):

studi kasus kawasan pecinan semarang

pedestrian friendly streets development: Case study chinese district in semarang

jamilla kautsary12)

ABSTRAK

Berjalan kaki merupakan perekat bagi sistem pergerakan. Kebutuhan fasilitas pejalan kaki di kawasan perkotaan semakin meningkat tetapi jumlah luasan kawasan/jalur pejalan kaki itu sendiri semakin menurun. Kawasan kota lama merupakan salah satu distrik yang didesain dengan mengutamakan elemen pejalan kaki. Sangat disayangkan fasilitas ini akhirnya banyak yang hilang akibat tuntutan modernisasi yang lebih mengutamakan kendaraan bermotor. Kawasan Pecinan Semarang merupakan salah satu kawasan lama dengan beragam potensi yang mendukung pengembangan aktivitas ini. Potensi yang ada diantaranya skala fisik kota yang manusiawa, potensi arsitektural bangunan dan aktivitas kawasan. Potensi ini kurang berkembang akibat beragam masalah yang timbul akibat perkembangan aktivitas kawasn. Studi ini akan membahas bagaimana mengembalikan jalur pejalan kaki yang nyaman di kawasan Pecinan Semarang dengan membatasi/memperkecil permasalahan yang ada dan memanfaatkan potensi kawasan sebagai pendukung aktivitas pejalan kaki.

Kata Kunci: Pengembangan dan jalur pejalan kaki yang ramah.

ABSTRACT

The needed of pedestrian facility in the down town district is increase but the total area of this facility is decrease. Old city district is the one of districts in down town, which has been designed with pedestrian way as main element. Unfortunately these facilities have disappear because of modernization need (this vacility have been replacing by automobile facility). Chinese district in Semarang have many potencies, which can support the development of pedestrian activity. Those potencies are including of architectural building/district, road form, townscape, and the retail activity.   Lately those potencies become worse because many problems have appeared as the impact of district activity. This study will discus about how to develop pedestrian way in Chinese district as pedestrian Friendly Street.

Key words: Development and pedestrian friendly street.


12) Dosen Fakultas Teknik Jurusan Teknik Planologi Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA) Semarang.


I. LATAR BELAKANG

Kita semua berhak atas system transportasi yang lebih aman, lebih efisien, lebih terjangkau, lebih bersih, lebih sehat dan lebih ramah (The Sustran Network, 2002). Berjalan kaki juga merupakan perekat bagi system trasportasi. Setiap perjalanan pasti termasuk berjalan kaki.  Kebutuhan ruang untuk pejalan dan ruang terbuka untuk aktivitas sirkulasi, rekreasi dan sosial di perkotaan semakin meningkat, tetapi secara jumlah/luasan semakin menurun dengan bertambahnya investasi dalam bentuk bangunan (M. Tri Hesti M, 1999).

Jalur pejalan kaki (pedestrian ways) dalam perancangan kota merupakan elemen penting. Perencanaan jalur pejalan kaki tidak hanya merupakan  upaya peningkatan kualitas visual. Lebih dari itu elemen pejalan kaki yang nyaman merupakan elemen pendukung retail dan vitalitas kota. Sistem pejalan kaki yang baik akan mengurangi ketergantungan pada kendaraan,  meningkatkan perjalanan, meningkatkan kulitas fisik visual kota dengan pertimbangan skala manusia, menciptakan lebih banyak aktivitas retail dan akhirnya akan membantu peningkatan reproduktivitas sosial budaya dan ekonomi (Shirvani, 1985 dan Marco, 2003).

About Jamilla Kautsary

Aku ada karena kamu
This entry was posted in Kawasan. Bookmark the permalink.

One Response to PENGEMBANGAN JALUR PEJALAN KAKI YANG RAMAH (MANUSIAWI): STUDI KASUS KAWASAN PECINAN SEMARANG

  1. Anonymous says:

    Subhanallah
    akhirnya bisa menikmati tulisan the rising star
    -a d i t- 2000

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s